sejarah komputer pada setiap generasi

Sesuai Dengan judul kali ini, saya akan membahas setiap generasi komputer, memang tidak lengkap, tapi ayo kita mulai.
Pada awal dibuatnya komputer yang pada masa itu, ukuran komputer sangatlah besar, berbeda jauh dengan sekarang yang memiliki ukuran yang sangat kecil sampai bisa dimasukkan kedalam kantong, seandainya kamu kembali kemasa dimana komputer generasi pertama baru dibuat, dan kamu mengatakan " dimasa depan komputer akan bisa dimasukkan kedalam kantong " pasti kamu akan dianggap gila oleh banyak orang, yah memang dengan ukuran dan daya  yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer sama dengan beberapa puluh atau ratus rumah, dengan ukuran dan daya listrik sebesar itu pasti tidak terbayangkan pada masa itu. Oke kita mulai dari generasi awal.
1. Generasi pertama komputer
Generasi ini dibuat antara perang dunia kedua dan pasca-perang dunia kedua. Ada beberapa komputer yang berhasil dibuat pada generasi komputer ini salah satunya ENIAC atau kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer, yang dibuat oleh Amerika dan University of Pennsylvania, dan ada juga Inggris dengan Colossusnya  yang pada masa perang dunia kedua, dibuat untuk memecahkan kode rahasia Jerman, dan juga Jerman dengan komputer z3nya yang dibuat khusus untuk mendisain pesawat terbang dan rudal.
2. Generasi kedua komputer
Penemuan transistor pada tahun 1948 membuat perkembangan teknologi komputer, berkembang pesat tidak hanya dalam kecepatan kalkulasi dan daya listrik yang semakin kecil tapi juga dalam ukuran, yang berkurang secara derastis, tidak hanya komputer tapi juga mesin2  lainnya. Penggunaan transistor pada komputer dimulai pada tahun 1956, penemuan lain pada generasi ini adalah inti magnetik, dan komputer pertama yang menggunakan teknologi ini adalah superkomputer yang dibuat oleh IBM untuk penelitian atom. Walaupun transistor dan inti magnetik sudah ditemukan, tidak membuat komputer bisa digunakan oleh semua orang atau digunakan oleh pebisnis besar, karena terlalu kompleks dan mahal membuat komputer generasi ini baru bisa digunakan pada tahun 1960, oleh universitas dan lembaga pemerintah, komputer yang digunakan adalah komputer yang menggunakan transistor secara penuh, baru pada tahun 1965 perusahaan- perusahaan besar menggunakan komputer untuk memproses informasi keuangan mereka.
3. Generasi ketiga komputer
Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument Berhasil membuat ic (integrated circuit) pada tahun 1958, ic ini terbuat dari batu kuarsa yang mampu menghilangkan kelemahan dari transistor pada komputer generasi kedua yaitu panas, panas yang dihasilkan dari transistor membuat komponen elektronik lainnya rusak, untuk itulah batu kuarsa dipilih,  ic sendiri dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piring silikon kecil, dan membuatnya lebih kecil, pada akhirnya para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen kedalamnya, selain itu pada generasi ini juga penggunaan sistem operasi mulai digunakan.
4. Generasi keempat komputer
Setelah IC ditemukan tujuan selanjutnya adalah mengembangkannya, setelah sebelumnya hanya tiga komponen yang ada didalam piringan silikon ini, sekarang ada ribuan atau komponen di dalamnya. Pada generasi ini juga membuat daya lebih efesien, contoh ic pada generasi ini adalah chip Intel 4004 yang memasukan central processing unit, memori, dan kendali input/output kedalam satu chip tunggal, yang sebelumnya IC dibuat untuk melakukan tukas tertentu sekalang IC dapat diprogram dan melakukan banyak hal.
Dan itu perkembangan generasi komputer dari generasi ke generasi, jika ada yang salah saya mohon maaf, sekian dan sampai jumpa lagi.

Posting Komentar

0 Komentar