jenis, kreasi dan manfaat pohon pisang

Pisang adalah pohon berdaun lebar, tidak memiliki jabang, dan berbuah satu kali dalam hidupnya, yang berarti jika pisang sudah berbuah, pohon pisang akan langsung ditebang.
Buah pisang memiliki banyak jenis dan bermanfaat bagi tubuh, pelepah pohon pisang juga dapat digunakan untuk berbagai kerajinan yang indah dan bermanfaat, dan juga memiliki nilai jual.
Sumber: Wikipedia


  • Beberapa jenis buah pisang
Buah pisang memang banyak jenisnya beberapa diantaranya.
1. Pisang raja
Kelebihan Pisang raja adalah aromanya yang harum dan Ukuran pisangnya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sementara ciri dari pisang ini adalah, buahnya yang melengkung sedikit keatas, kulitnya tebal namun sedikit kasar. Jika sudah matang buah ini berwarna kuning orange.
2. Pisang Ambon lumut
Sumber: Jabar.antaranews.com

Jenis pisang ini memiliki kulit pisang yang hijau walau pun sudah matang, pisang Ambon lumut memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan pisang Ambon lainya, pisang Ambon ini memiliki panjang 15-17cm dengan diameter 42mm memiliki bentuk yang lurus.
3. Pisang Ambon Putih
Sumber: viva.co.id

 di Thailand dan Malaysia pisang Ambon disebut dengan kluai hom dok maid an, sementara di Filiphina disebut pisang Ambon. Pisang ini memiliki ciri Kulit yang tidak terlalu tebal dan daging buahnya akan berwarna kuning putih sedikit kemerahan saat sudah matang.
4. Pisang Ambon kuning
Sumber: berkahkhair.com

Pisang ambon kuning memiliki ukuran yang jauh lebih besar dengan bentuk buah yang melengkung sedikit keatas. Kulitnya tidak terlalu tebal dan daging buahnya akan berwarna kuning putih sedikit kemerahan saat sudah matang.


  • Kerajinan pelepah pohon pisang
Sumber: rajinlah.com

Pelepah pisang bisa dijadikan kerajinan yang unik dan bermanfaat, salah satu sajadah yang dibuat oleh mahasiswa dari universitas Negeri Yogyakarta yang berhasil mendapatkan dana dari Dikti di bidang kewirausahaan, para mahasiswa ini memberi nama kerajinan ini sepasang (Sajadah Pelepah Pisang), selain sajadah pelepah pisang juga dapat dijadikan lukisan, seperti pria asal Dusun Blumbang Desa Wonokoyo, Situbondo yang bernama Taufiq Hasan (35 tahun) yang berhasil membuat lukisan sangat artistik dan membuatnya menerima orderan dari Jawa Tengah dan Bali. Selain kerajinan diatas pelepah pisang juga bisa dibuat menjadi tas, sandal, dan juga Noe Craft.


  • Manfaat buah pisang
Manfaat buah pisang bagi kesehatan kita
Kandungan gizi pada buah pisang, membuat buah ini memiliki banyak manfaat diantaranya, Sebagai Sumber Energi, Menjaga Tekanan Darah, Meningkatkan Fungsi Saraf dan Daya Otak, Menyehatkan Tulang, Membantu Memperlancar Proses Pencernaan, Membantu Mengobati Sakit Maag, Mengobati Diare, dan masih banyak lagi manfaat buah pisang bagi kesehatan kita. Dan dibawah adalah kandungan gizi buah pisang.

Posting Komentar

0 Komentar