mangga, buah khas iklim tropis, yang memiliki banyak jenis dan rasa

Siapa sih yang tidak tahu buah mangga, buah khas iklim tropis ini pasti sudah banyak yang tahu, apalagi, kita orang Indonesia, pasti sudah sering memakan buah, yang mampu tumbuh lebih dari 5 meter ini. Tapi apa kalian tahu manfaat buah dari genus Mangifera ini, dan apa kalian tahu juga, olahan dari buah yang termasuk ke dalam keluarga Anacardiaceae ini. Sekarang kita akan bahas satu-satu mulai dari manfaat dan kandungan gizi dari buah mangga ini, tapi sebelum itu kita akan melihat dan mengenal  jenis-jenis dari buah mangga ini.
Sumber : Wikipedia.com

A. Jenis - jenis mangga

1. Mangga Gedong Gincu
sumber : pesona.travel

Mangga gedong gincu berasal dari Cirebon dan juga cukup diminati di Indramayu. Dari segi penampilan mangga gedong gincu memiliki warna yang kuning kemerahan, dan memiliki ukuran yang kecil dan lonjong.

2. Mangga Arumanis
Sumber : samudrabibit.com

Mangga yang memiliki bentuk lonjong dengan ujung meruncing ini, merupakan mangga yang berasal dari probolinggo. Untuk rasa dari mangga gadung, sudah sesuai dengan namanya yaitu manis dengan aroma harum tentunya. Dan memiliki kulit buah yang hijau.

3. Mangga Manalagi
Sumber : rumahtanaman.com

Buah yang berasal dari Jawa timur, ini memiliki ciri bintik-bintikputih yang memenuhi kulit buahnya.  Bentuknya cenderung lebih bulat dan lebih kecil.

4. Mangga Apel

Mangga apel terbagi menjadi dua jenis mangga, mangga apel merah dan mangga apel hijau, untuk citarasa dari kedua mangga ini juga berbeda, untuk yang hijau memiliki rasa yang asem, dan cocok untuk rujak. Sedangkan mangga merah beraroma sangat harum dengan tekstur daging yang sangat halus.

5. Mangga Alpukat
Sumber : samudrabibit.com

Mangga yang sempat viral pada tahun 2017, yang merupakan mangga yang unik, karena cara makannya yang berbeda dari biasanya, biasanya mangga akan dikupas terlebih dahulu, lalu memisahkan daging buah dengan bijihnya, setelah itu baru dimakan, tapi mangga alpukat ini berbeda kita bisa belah dua mangga ini lalu makanya menggunakan sendok, seperti gambar di atas

6. Mangga Golek
Sumber : tanamanmart.com

Jenis ini populer di kalangan pecinta mangga dengan bentuk lonjongnya. Mangga unggulan ini memiliki rasa manis dengan tekstur buahnya yang tidak berserat. Mangga golek kerap dicari karena dianggap sebagai mangga lokal varietas unggul. Mangga golek yang paling terkenal berasal dari Probolinggo, Indramayu, dan Pasuruan.

7. Mangga Malibu
Sumber : nulis.co.id

Kedengarannya agak asing. Ya, memang mangga ini diimpor dari Australia. Rasanya seperti kelapa. Mangga malibu populer di pertanian Berry Springs, selatan Darwin. Mangga ini dikenal sangat mudah ditanam, hasil kawin silang antara mangga irwin dan kensington pride. Maka dari itu, mangga malibu terlihat besar, enak, dan berwarna merah.

8. Mangga Madu
Sumber : tanamanmart.com

Sepintas mangga madu mirip gadung, kecuali keseluruhan kulitnya berwarna kuning cerah saat matang. Mangga ini sangat manis seperti madu, meski buahnya masih berwarna putih. Buah mangga madu memiliki ukuran yang hampir sama dengan mangga manalagi. Banyak sekali mangga madu dari berbagai negara, seperti India, Thailand, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan di pasar.

9. Mangga Nam Dok Mai
Sumber : shopee.co.id 

Dari namanya saja pasti kamu bisa menebak asal mangga ini, kan? Ya, mangga nam dok mai berasal dari Thailand yang panjangnya bisa mencapai 17 sentimeter. Mangga ini dikenal memiliki daging buah tebal, berserat sangat halus, mengandung sedikit air, berwarna kuning, dan lunak.

B. Manfaat buah mangga

Manfaat buah mangga tentu ada banyak tapi, yang jelas buah mangga bagus untuk kesehatan kulit tubuh, seperti mencegah terjadinya jerawat, tidak perlu menggunakan buah mangga secara langsung, cukup gunakan ekstrak buah mangganya saja, lalu dapat meredakan inflamasi pada kulit, ini karena kandungan Mangiferin pada bijih dan kulit buah mangga merupakan antioksidan yang kuat. Lalu mangga juga dapat mendorong pembentukan protein kolagen yang dapat membangun jaringan ikat tubuh. dan masih banyak lagi seperti kandungan AHA pada mangga contohnya.

C. Kandungan gizi buah mangga
Sumber : google.com

Posting Komentar

0 Komentar